Tag

jdg jogja lebaran nyampah antagonis baksoartomoro curhat gatal kelilingkota maaf makanmakanan mischa mishil muaraenim palembang sahabat takdir teman 1431hijriah 2001 5cm 999 abieb air aku ampera amrik anakkesayangan angin angkotcimahi apes arsitekturui bandung bangka bardai begadang bencana beratbadan berkebun biduran blackdeath blokm bogor bohong bule bundaku bunga bungkarno burung caleg celoteh cewek chatting cintakasih cintapertama clbk creativeincrisis daaitv daaitvdrama dara dejavu dicuekin drama dramadaai dramadaaitv dramataiwan englishday fans film filmindonesia galeri garbys greenfestival gsb guru hampa helarfest2008 ibu iluni ars indonesiaraya intuisi itb jalanjalan jangdonggun javajive jodoh kaligata kampusui kandas katahati kay kebun kennyrogers kerjaan kerjakantoran kesempatan koloni kopdaran13032010 kopi korea koreamania krakatau kuetempe kumpul2 lagu lagujamanabg lagutaun90an laskarmerah laskarpelangi lcd lelakiidaman lidahapi love macet malas2an mandiri manusia marchputih masakanpadang masalah megamendung mendung menikah menumbing merdeka mesjid mesjidrayabandung milisbelajardesain mimpi mudik multiply mushola musi myfacebook mywish namaku negeri5menara newspirit ngopi ninawarna novel npwp obama ohdalja openhouse orangketiga orderan pacet pagi pahit paket palestina pamerankarya pamulang paranoid parkyongha patasac penganguran penggusuran pentinggakpenting perhapsyou permulaan persahabatan petir pilm pipiskuda pisces pocopoco primajasa proyekgagal pulangpagi pupus queenofreversals rambut rasa rayap resolusi reuni reuniakbar rindu rinduku romomangun sarapan segelmerah sempurna sepi sherina siarantv sicempreng sidoel sidrafter signout sitoshi skipbeat smp12wijaya smun6jakarta stuck suju tambora tanpamu taraso tari taumingtse taxivsbajaj telenovela terimakasih terlena tetangga thewedding thou throughtheyear tidur tiffani timpukanashof tweety tzuchi ujian ular under40 upgrade wajah warnarindu warnawarniwarna wd wdrs zodiak

Sabtu, 02 Agustus 2008

Jogja - bandung

Entah kenapa akhir-akhir ini gw banyak kenalan baru, kok ada bau-bau jogjanya ya??? Suatu kebetulan …yang aneh.

Agak kaget juga udah panjang lebar kemana2, taunya orang jogja… halah..

Gw sendiri jg berasa gimana gitu dengan kota yang satu itu… hehe setiap ada yang nanya “kamu orang mana?” gatau kenapa gw selalu refleks jawab…”ibu orang jogja, bapak kutoarjo, tapi saya lahir dan besar di jakarta…” berarti gw orang mana dong?

Mungkin karena dari kecil gw selalu mudiknya ke jogja (kayaknya gw malah belum pernah ke kutoarjo sampe sekarang, mbah dari bokap tinggal di jakarta juga soalnya…), kayaknya gw lebih senang di angap orang jogja… padahal bahasa jawa aja… ga bisa… ngaku-ngaku orang jogja. Payah!!!

Yang gw inget tentang jogja…

Jaman gw SD, setahun sekali pasti gw pulang kampung ke rumah mbah… entah lebaran atau libur panjang. Dan benar2 selama liburan ya cuma ke rumah mbah itu saja di dusun Pokoh, Wedomartani, Sleman. Main ke sawah, kebun tebu, main sama biri-biri yang bulunya lucu kriwil-kriwil… gw paling suka main sama cempe’ alias anak biri-biri. Abis lucu… kecil… kalo di tepuk punggungnya dia langsung melonjak-lonjak..

Trus kalo subuh-subuh kita suka pergi ke pinggir jalan raya, cuma untuk melihat gunung merapi di kejauhan…. Kadang tertutup kabut, kadang puncaknya terlihat kemerahan… keren…

Sayang waktu itu gw belum hobi sama yang namanya foto-foto.

Jadi walaupun bisa dibilang gw sering ke jogja, yang gw tau cuma rumah mbah gw sama terminal Umbul Harjo, atau Stasiun Lempuyangan…parah…parah…eh pernah sih diajak ke kebun Binatang, Candi Borobudur, sama Prambanan, tapi gw ga ada memori sama sekali selain bete, abis naik tangganya perasaan tinggi-tinggi banget. Hehe secara gw masih TK waktu itu..

Saking sukanya sama jogja, dulu gw pengen banget kuliah di UGM., trus ngekos, kayaknya keren ya…eh,  ga kesampean…

Sampai tahun 2001-an, gara-gara bahan skripsi gw ttg Kali Code, Sendangsono, n Wisma Kuwera yang semuanya masih di Jogja dan sekitarnya, mulailah gw beredar di Jogja. Keliling jogja berdua sama teman seangkatan gw, Lisa. Baru deh tau yang namanya Tugu, . sampe saking isengnya kita berdua jalan dari Kali Code – Tugu – Malioboro  – pasar Bering Harjo – Shopping centre, trus tadinya mau jalan sampai Tamansiswa, tapi kok kayaknya masih jauh ya… Trus gw juga nyoba muterin Jogja pake bis, gak sampe 1jam kali sudah 1 putaran…wow… gak pake macet, kayak di jakarta.

Kayaknya tinggal di jogja tuh nyaman deh… tenang, sopir bisnya sopan2, dibanding di jakarta ya…, gile lo mereka sabar banget nungguin nenek-nenek turun dari bis, malah keneknya bantuin pula… mungkin jogja cocok kali yah buat pensiunan yang pengen hidup tenang tentram.

Tapi sudah cukup lama juga gw gak ke jogja, terakhir tahun 2005 kemaren waktu mbah putri gw wafat…Kadang pengen banget  main ke Jogja lagi… tapi kapan ya???

Sampai akir-akhir ini banyak posting foto-foto dari Jogja, keren-keren… bikin gw tambah kangen sama kampung halaman gw itu…hiks…

Nah tentang Sunda… bapak n ibu gw besar di Bandung, bahkan mereka pertama ketemu ya di Bandung itu sampai akhirnya menikah. So… mereka berdua jago banget bahasa Jawa ataupun Sunda. Sedangkan gw, anaknya, blasss gak bisa sama sekali… eh kalo denger orang ngomong sih kadang ngerti, kadang blank… hehe.

Eh gw punya temen kos mojang bandung, eh cimahi ding. Yaudah sering mainlah ke bandung, eh cimahi…

Trus tau-tau kenalan sama anak-anak Bandung Trails deh, ada Mbak Uci, Ulu, Acip, Dimas, bu molly, dkk. Hehe jadi tambah banyak deh temennya yang jago bahasa-bahasa ajaib itu… *hehe…maap*. Nah sama Bters ini jadi suka jalan-jalan keliling bandung, walaupun sampe sekarang juga masih blur tentang peta bandung… kadang orang bilang bandung utara, bandung selatan… mana gw tau… yang gw tau cuma bojongsoang, pasar antri dan sekitarnya di cimahi, sama terminal leuwipanjang… hehe tapi sekarang jadi agak lebih tau lah… tentang alun-alun bandung, tegalega, braga, dll. Tapi lucunya gw baru tau sebulan lalu kalo cibaduyut itu di depan terminal leuwipanjang… halah… abis… dulu gw pertama ke cibaduyut tuh taun 99 itu juga dari bojongsoang, beberapa kali ganti angkot, dan gw ga tau ada dimana…hehe…

Dan setelah ikutan MP… temen2 gw kok kebanyakan kalo gak Bandung ya Jogja ya???… hahaha… gak jauh-jauh…

5 komentar:

  1. duh...hehehe...mungkin emang suatu hari nanti mba ninik bakalan hidup di jogja neee... jogja emang nyaman kok, walopun tetep ada sisi gelapnya...tapi overall okelah, tenang, adem :) ditunggu maen-maennya di jogja mba :))

    BalasHapus
  2. Wah, koq sama sama aku yah? Bapak turunan Kutoarjo juga. Ibu lahir di Yogya.

    Cuma aku dulu lumayan sering ke Kutoarjo, karena makam kakek di sana, ke Yogya ya cuma main doang. Nggigitin tebu, sayang kebun tebunya dah jadi tempat penambangan pasir besi.

    BalasHapus
  3. TUUUHH KAAAN!! nambah 1 lg yg bau jogja n bdg..
    hidup jogja!! eh
    hidup bandung jg... hehe
    iya gw jg suka tuh nyesepin tebu sama bakarin melinjo d tungku sampe pd meledak.. seru nyari tuh melinjo loncat kmana..
    halaman rumah mbah jg pasir smua jd sharian main pasir ga dmarahin ortu takut anakny cacingan...
    jgn2 qt skampung lg..

    BalasHapus
  4. Mungkin, tapi bingung juga aku cuma tau tempatnya (arah, lokasi, dll.) gak tau nama kampungnya he he

    BalasHapus
  5. Piye tho mas.. mas.. kampung sendiri kok ga tau.. hehe tp gw jg kalo dtanya ttg kutoarjo jg wassalam sh. hehe sama aj y..

    BalasHapus